Tuesday, October 27, 2020

Surat Kafka kepada Penerbit Kurt Wolff

Penerjemah: Sigit Susanto
 
Surat Kafka kepada Penerbit Kurt Wolff
Praha, 25 Oktober 1915
 
Tuan yang Terhormat!
Anda akhir-akhir ini menulis bahwa Ottomar Starke membuat ilustrasi pada judul novelet Metamorfosis. Kini saya baru mengenal sejauh ini ada seniman dari masa `Napoleon,`mungkin itu akan sangat berlebihan dan menakutkan. Bagi saya sebenarnya ilustrasi Starke menarik, bisa jadi ia akan membuat serangga sekalian. Mohon jangan dilakukan, mohon jangan! Saya bukan hendak membatasi daya angannya, melainkan hanya memohon atas pemahaman saya yang lebih tahu secara alami tentang cerita itu. Bahkan serangga pun tak boleh dibuat ilustrasi. Tak bisa seperti itu, sekalipun digambar dari pemahaman yang lebih mendalam. Saya tak bermaksud lain, malah jika ditertawakan akan lebih bagus. Atas upaya dan pemberitahuan saya ini, saya ucapkan banyak terima kasih. Bila saya dibolehkan memberi saran terhadap sebuah ilustrasi, saya akan memilih suasana seperti: Kedua orang tua dan manajer bank berada di depan pintu yang tertutup atau yang lebih baik lagi, kedua orang tua dan anak perempuan di dalam kamar yang terang, sementara pintu yang menuju kamar sebelah terbuka dengan sangat remang.
Seluruh koreksi dan pembicaraan telah Anda lakukan.
 
Salam hangat, pemberi naskah.
 
Franz Kafka
 
(Kurt Wolff: Kumpulan surat sebuah penerbit 1911-1963. Editor: Bernhard Zeller dan Ellen Otten. Heinrich Scheffler, Frankfurt a.M.1966, halaman:37)
Sumber: Franz Kafka `Die Verwandlung` mit Materiealien, Klett, 2003.

Zug, 10/10/2020.

No comments:

Post a Comment